Rp10,000.00

Mengonsumsi tomat dan brokoli secara bersamaan akan memberikan manfaat yang lebih untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Category: Tags:

Description

Manfaat Makan Tomat dan Brokoli Bersamaan

Brokoli dan tomat mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut penelitian, mengonsumsi tomat dan brokoli secara bersamaan akan memberikan manfaat yang lebih untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat makan brokoli dan tomat bersamaan?

Meski mengandung berbagai nutrisi, namun brokoli dan tomat mengandung kalori yang rendah. Berikut manfaat makan brokoli dan tomat yang perlu Kamu ketahui Gengs!

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi langsung tomat daripada suplemen yang mengandung tomat berdampak baik pada kesehatan jantung. Kandungan likopen yang terkandung dalam tomat juga baik untuk kesehatan jantung serta mencegah stroke.

Serat, antioksidan, dan potasium yang terkandung dalam brokoli juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Menurut penelitian yang dilakukan pada 2018, wanita yang menerapkan diet yang tinggi serat berisiko lebih rendah terhadap serangan jantung maupun stroke.

  1. Mengandung Antioksidan

Tomat mengandung antioksidan, seperti likopen,vitamin A, dan C yang dapat menjaga kesehatan. Tidak hanya mengandung antioksidan, menurut penelitian, brokoli juga mengandung beta-karoten yang merupakan salah satu senyawa untuk menangkal kanker.

  1. Mencegah Kanker Prostat

Tomat dan brokoli diyakini dapat membantu mencegah kanker, terutama kanker prostat. Menurut penelitian, mengonsumsi tomat dan brokoli bersamaan dapat memberikan manfaat untuk kesehatan yang lebih kuat. Penelitian juga menunjukkan bahwa tumor prostat tumbuh jauh lebih lambat pada hewan yang mengonsumsi tomat dan brokoli secara bersamaan.

  1. Memperlancar Pencernaan

Makanan yang mengandung serat, seperti brokoli dan tomat dapat memperlancar proses pencernaan, mencegah sembelit, serta menurunkan risiko kanker usus besar. Oleh karena itu, mengonsumsi brokoli dan tomat bersamaan diyakini dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

  1. Baik untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Mengonsumsi tomat dan brokoli bersamaan juga bermanfaat untuk penderita diabetes tipe 2 lho, Gengs. Penelitian yang dilakukan pada 2017 menunjukkan bahwa mengonsumsi brokoli dapat membantu orang-orang dengan diabetes mengendalikan kadar gula darah mereka berkat sulforaphane yang terkandung dalam brokoli.

Selain itu, menurut tinjauan pada 2018, kadar gula darah orang-orang yang menerapkan diet tinggi serat lebih terkendali daripada yang tidak menerapkan diet tersebut. Tomat juga diyakini merupakan makanan yang baik dan sehat untuk penderita diabetes tipe 2.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tomat dan brokoli merupakan sumber vitamin. Kandungan vitamin K dalam tomat baik untuk kesehatan tulang. Seperti diketahui, vitamin K berperan untuk pembekuan darah dan mencegah osteoporosis. Orang-orang dengan kadar vitamin K yang rendah lebih berisiko mengalami masalah pada tulang mereka.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam tomat dan brokoli dapat membantu tubuh memproduksi kolagen yang merupakan sistem pendukung utama untuk sel dan organ tubuh, termasuk kulit. Sebagai antioksidan, vitamin C juga dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan kulit, seperti keriput akibat penuaan. Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C dapat mencegah kanker kulit.

Selain itu, kalsium dan kolagen yang terkandung dalam brokoli juga dapat meningkatkan kesehatan tulang maupun gigi. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin K untuk meningkatkan kesehatan tulang. Nah, Kamu bisa mengonsumsi tomat dan brokoli secara bersamaan untuk menjaga kesehatan tulang ya!

Jadi, sekarang Kamu tahu kan apa saja manfaat makan tomat dan brokoli bersamaan? Ternyata mengonsumsi tomat dan brokoli bersamaan memiliki berbagai manfaat mulai dari mencegah kanker hingga baik untuk kesehatan pencernaan ya Gengs!

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Tomat”

Your email address will not be published. Required fields are marked *