Rp25,000.00

Tauco merupakan bumbu masakan yang terbuat dari biji kedelai yang dimasak dengan cara direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung setelah itu difermentasi.

Category: Tag:

Description

Tauco Makanan Khas Dengan Berbagai Rasa di Setiap Daerah

Tauco merupakan bumbu masakan yang terbuat dari biji kedelai yang dimasak dengan cara direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung setelah itu dibiarkan tumbuh jamur (fermentasi). Fermentasi tauco dengan cara direndam dengan air garam, setelah itu dikeringkan di bawah sinar matahari hampir sepanjang minggu sampai aroma khas taucho atau rendaman berubah menjadi kulit coklat kemerahan. Di tengah proses, bumbunya sering menghasilkan bau menyengat seperti bau ikan busuk / pasta udang.

Dari beberapa produsen tauco tradisional, dikatakan bahwa jika hasil rendaman, air rendaman tersebut diolah menjadi kecap, sebaliknya benih kedelai menjadi taucho. Ada berbagai metode mencerna taucho, yang masing-masing memiliki fitur tertentu. Contoh taucho yang tersebar di wilayah Riau berbeda dengan taucho di Jawa dan Kalimantan. Setiap daerah memiliki cita rasa yang unik.

Rasanya nyaris tentu seluruh tahu serta sempat mengecap tauco. Taucho dikategorikan bagaikan santapan? Ataupun bumbu? Aku lebih cenderung mengategorikannya bagaikan bumbu.

Rasa Khas Tauco di Setiap Daerah

Bumbu bercita rasa khas ini merupakan salah satu produk kedelai yang difermentasikan, serta menciptakan rasa, corak, aroma serta tekstur yang cocok buat flavoring agent.

Yang aku ketahui, taucho sangat luas diketahui dari ujung utara Sumatra hingga segala Jawa, serta aku lumayan percaya hingga Kalimantan, Sulawesi serta pulau lain pula memahami taucho dengan kekhasannya sendiri.

Tiap- tiap wilayah umumnya klaim kalau tauco dari wilayah mereka lah yang nomer satu, persis semacam kecap, seluruhnya nomer satu, tidak terdapat nomer 2 sama sekali.

Hingga dikala ini pada biasanya taucho terbuat secara otomatis, dalam artian belum terdapat standarisasi tipe mikroba tertentu yang menciptakan fermentasi taucho ini. Sebab pengaruh fermentasi otomatis cocok dengan tempat tiap- tiap dibuatnya, membuat taucho dari satu wilayah ke wilayah lain berbeda citarasa, corak serta teksturnya.

Tipe tauco terdapat 2 berbagai ialah wujud kering serta wujud basah. Sebaliknya dari rasanya dibedakan atas yang asin serta yang manis. Perbedaannya terletak dari jumlah air serta banyaknya gula yang ditambahkan.

Bahan baku yang kerap digunakan buat membuat taucho merupakan kedelai gelap ataupun kedelai kuning, namun yang kerap serta universal digunakan merupakan kedelai gelap. Bahan bonus buat pembuatan tauco merupakan bermacam tipe tepung semacam tepung terigu, tapung beras ataupun tepung beras ketan.

Prinsip pembuatan

Prinsip dasar pembuatan tauco merupakan fermentasi 2 sesi, ialah fermentasi kapang serta fermentasi garam. Tahapan persiapannya merupakan: merendam, cuci, mengukus, penirisan, akumulasi ragi, fermentasi serta dilanjutkan dengan perendaman dalam larutan garam.

Tujuan perendaman kedelai pada sesi dini merupakan buat mempermudah pengupasan kulit kedelai, meningkatkan biji kedelai serta buat menolong memesatkan pengukusan ataupun perebusan. Perendaman kedelai umumnya dicoba tadi malam ataupun dekat 20 hingga 22 jam.

Sebab proses fermentasi ini, struktur protein di dalam kedelai terpecah- pecah jadi bermacam berbagai asam amino. Bermacam asam amino ini bercampur dengan garam yang ditambahkan, membentuk isi umami yang besar sekali.

Umami merupakan istilah komponen rasa yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia jadi gurih. Rasa gurih/ umami terjalin sebab terjadinya MSG natural dalam tauco.

MSG semacam kita tahu merupakan singkatan Mono Sodium Glutamat, di mana sodium merupakan nama lain dari Natrium serta glutamat dari asam glutamat– salah satu wujud asam amino natural. Respon antara asam glutamat serta natrium chorida( NaCl= garam) menciptakan senyawa baru Mono Sodium Glutamat.

Rasa gurih inilah yang kita miliki sewaktu kita memasak memakai salah satu komponen bumbunya tauco. Bukanlah mengherankan bila rasa masakan berbumbu tauco kaya rasa, aroma serta lezat sebab pengaruh MSG natural ini.

Pemakaian tauco dalam kuliner Nusantara diketahui meluas, di antara lain sayur taucho di Medan, swikee kuah( yang jadi signature dish merupakan swikee Purwodadi), ikan masak taucho( sebutannya berbagai: ikan camcoan/ cengcoan/ cuan- cuan), ayam masak- oh, pie- oh( bulus masak tauco), soto khas Pekalongan yang diucap tauto( taucho soto) serta yang lain.

Tiap- tiap wilayah mempunyai kekhasan tertentu aroma serta citarasa tauchonya, sehingga rasa masakan tauco khas wilayah tersebut tidak bisa jadi ditiru ataupun disamai oleh wilayah lain.

Ambil contoh misalnya masakan swikee Purwodadi. Masakan kodok yang dimasak dengan bumbu taucho ini tidak hendak sama rasanya bila dimasak memakai taucho buatan Medan ataupun Pekalongan misalnya. Kebalikannya tauto Pekalongan pula tidak hendak sama otentisitas rasanya bila dimasak dengan taucho buatan Semarang ataupun Jakarta.

Sebagian nama lain tauco: soybean paste, doenjang, dwenjang, miso, cheonggukjang, dajiang; merupakan bermacam nama produk sejenis ataupun mirip dengan taucho di bermacam negeri.

Perbedaannya dengan tauco merupakan tipe kedelai– umumnya kedelai setempat yang mempunyai citarasa serta aroma sendiri serta pula kuman fermentasinya yang umumnya ialah kuman tertentu strain setempat.

Yuk diorder biar gak penasaran dengan rasanya.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Tauco”

Your email address will not be published. Required fields are marked *