Rp20,000.00

Sereh juga mengandung banyak mineral dan zat aktif yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan bisa menjadi obat untuk meredakan stres.

Description

Manfaat Mengkonsumsi Daun Sereh Menurut Kedokteran

Selama ini manfaat daun serai lebih dikenal sebagai bumbu dapur yang bikin masakan makin nikmat. Padahal serai juga mengandung banyak mineral dan zat aktif yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan bisa menjadi obat untuk meredakan stres.

Sereh atau serai merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam famili rumput. Aromanya yang harum menjadikannya terkenal sebagai bumbu masakan yang harus selalu tersedia di dapur.

Aroma serai yang harum juga menandakan adanya zat aktif. Oleh karena itu, tanaman serai juga banyak dimanfaatkan oleh industri untuk mengekstrak minyaknya dan mengubahnya menjadi minyak atsiri.

Minyak serai diketahui mengandung serai yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Anda juga bisa membakar daun atau batang serai untuk mengusir nyamuk di rumah.

Berbagai Manfaat Daun Sereh untuk Kesehatan

Sejumlah penelitian menemukan manfaat besar daun serai bagi kesehatan. Berikut adalah khasiat tumbuhan tersebut yang harus Anda ketahui.

Sifat Anti-Mikroba dan Anti-Bakteri
Bahan aktif dalam minyak serai bersifat anti mikroba dan anti bakteri. Karenanya, minyak ini baik untuk mengobati infeksi luka dan nyeri di usus, lambung, dan di kandung kemih.

Menangkal Radikal Bebas
Daun serai mengandung zat aktif seperti asam klorogenat, swertiajaponin, dan isoorientin yang merupakan antioksidan. Selain efektif menangkal radikal bebas, serai juga bagus untuk melindungi kulit.

Mengatasi Gigi Berlubang
Manfaat daun serai juga berasal dari kandungan senyawa antimikroba yang efektif membunuh bakteri Streptococcus mutans penyebab kerusakan gigi. Minum teh serai dapat meredakan infeksi mulut dan gigi berlubang.

Meredakan Kecemasan
Minyak atsiri serai dapat digunakan sebagai aromaterapi yang efektif memberikan efek rileks, menenangkan serta menghilangkan rasa cemas dan stres akibat beban hidup.

Memperkuat Fungsi Tulang dan Otot
Daun serai juga mengandung magnesium dan potasium yang berguna untuk memperkuat tulang. Mineral ini juga baik untuk meningkatkan fungsi otot, jantung, dan saraf.

Mengatasi Rematik dan Kejang
Zat aktif dalam daun serai juga bersifat diuretik dan juga baik untuk membantu mengatasi rematik dan kejang. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan minyak serai pada tubuh yang sakit.

Mengontrol Tekanan Darah
Manfaat lain dari daun serai adalah khasiatnya dalam mengontrol tekanan darah karena kandungan kaliumnya. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa membuat teh serai yang nikmat.

Efek Samping Daun Serai

Selain terbuat dari minyak serai, ramuan ini juga bisa digunakan sebagai teh serai yang enak diminum hangat. Selain hangat, juga bisa membuat tubuh lebih rileks dan tenang.

Namun untuk mendapatkan khasiat daun serai belum ada ketentuan mengenai dosis anjuran. Hanya saja, Anda perlu mewaspadai efek samping daun serai jika mengonsumsi teh serai secara berlebihan.

Efek samping minum rebusan serai setiap hari bisa menyebabkan mulut kering, rasa lelah, pusing, atau menyebabkan lapar.

Selain itu, minyak serai yang dihasilkan harus terlebih dahulu diencerkan dengan minyak encer sebelum digunakan. Baik dioleskan ke tubuh atau pada kulit yang teriritasi.

Begitu juga jika Anda ingin menggunakan serai sebagai aromaterapi, sebaiknya jangan langsung menghirup minyak serai. Cara terbaik adalah dengan mengoleskan minyak serai pada diffuser sebelum dibakar sebagai terapi aroma.

Itulah berbagai manfaat daun serai yang harus Anda ketahui. Namun, agar hasilnya efektif, sebaiknya batasi dosisnya agar tidak menimbulkan efek samping.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Sereh”

Your email address will not be published. Required fields are marked *