Rp50,000.00

This sweet summer salad is a refreshing addition to the dinner table and gains tons of flavor from fresh ginger and sesame oil.

Category: Tags:

Description

Propolis Dengan Berbagai Manfaat dan Pantangan Penggunaannya

Akhir-akhir ini, istilah propolis marak di tengah-tengah masyarakat. Ini terjadi karena banyak produk mengklaim menjadikan propolis sebagai bahan utamanya.

Produk aplikasi berkisar dari menetes ke dalam air dan kemudian diminum, sebagai obat mata, dan bahkan digunakan sebagai bahan sabun.

Apa itu propolis? Propolis adalah zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai tanaman. Dengan bantuan air liur lebah akan membentuk propolis. Propolis terdiri dari lilin, resin, dan komponen penting lainnya serta sedikit serbuk sari. Salah satu komponen aktif yang terkandung di dalamnya adalah ester fenetil asam caffeid.

Dalam sejarahnya, propolis sebenarnya sudah dikenal sejak lama tetapi mulai marak lagi diterapkan pada produk kesehatan dalam beberapa tahun terakhir.

Peneliti propolis dari Universitas Indonesia Dr. Eng. Muhamad Sahlan, S.Si, M.Eng mengatakan bahwa propolis memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Dia mengatakan ada sekitar 2.500 penelitian di dunia kesehatan yang telah membuktikan kegunaannya. Pemanfaatannya bisa sangat beragam mulai dari yang dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai obat luar.

“Manfaatnya bisa untuk banyak penyakit mulai dari anti kanker hingga anti pembengkakan,” katanya. Menurut Sahlan, pengembangan propolis saat ini mulai masuk ke produk untuk kulit seperti sabun atau salep.

Sahlan menjelaskan, mayoritas produk propolis di Indonesia diimpor dari bubuk. Padahal, propolis di Indonesia memiliki kualitas terbaik dari seluruh dunia. Ini karena propolis di Indonesia tidak mengandung banyak lilin. Ini karena vegetasi alami Indonesia sangat beragam dan bebas dari pestisida.

Dia menjelaskan propolis di Indonesia memiliki kandungan flavanoid mencapai 9%, sangat jauh dibandingkan dengan produk impor yang kandungan bahan aktifnya kurang dari 1%.

Penggunaan propolis untuk produk sabun cair misalnya, Sahlan menjelaskan, dapat membantu mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri atau kuman. Berbagai gangguan seperti gatal-gatal karena alergi, eksim, masalah jerawat hingga bekas luka bisa dihilangkan dengan menggunakan propolis ini yang digunakan sebagai bahan sabun.

Khasiat yang Dapat Dimanfaatkan

Luka melepuh di sekitar bibir (cold sore)

Luka melepuh di sekitar bibir ini disebut juga cold sore, diduga bisa diobati dengan propolis. Mengoleskan propolis pada lepuh tersebut diperkirakan dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit.

Obat Kumur

Memesatkan pengobatan serta kurangi rasa sakit serta peradangan sehabis pembedahan mulut.

Herpes Genital

Propolis pula diprediksi bisa menolong pengobatan cedera herpes genital yang diakibatkan oleh virus herpes simpleks jenis 2( HSV- 2). Sebagian riset menampilkan kalau pengobatan cedera lebih cepat bila dibanding dengan penyembuhan konvensional semacam obat oles acyclovir. Tetapi, statment ini masih butuh diuji ulang buat pembuktian lebih lanjut.

Peringatan Menggunakan Propolis

Memakai Propolis hendaknya berjaga- jaga memakai propolis terlebih bila Kamu mengidap asma. Sebagian pakar yakin kalau beberapa bahan kimia dalam propolis bisa membuat asma kian memburuk. Demikian pula untuk Kamu yang mempunyai alergi terhadap produk lebah, hendaknya jauhi propolis.

Buat Kamu yang mempunyai penyakit ataupun kendala perdarahan, hendaknya pula berjaga- jaga memakai propolis. Karena senyawa dalam propolis mungkin memperlambat proses pembekuan darah. Dengan alibi yang sama, propolis hendaknya tidak disantap dekat 2 minggu saat sebelum aksi pembedahan.

Untuk bunda berbadan dua serta menyusui, lebih baik menjauhi pemakaian propolis, sebab belum teruji keamanannya.

Propolis memanglah mempunyai mungkin menanggulangi sebagian berbagai penyakit. Tetapi, masih memerlukan riset lebih lanjut. Hendaknya konsultasi dengan dokter saat sebelum komsumsi propolis, paling utama bila Kamu mempunyai keadaan kesehatan ataupun penyakit tertentu.

Dengan memandang khasiat propolis untuk badan memanglah tidak terdapat salahnya komsumsi aneka produk turunannya yang dikala ini terletak di pasaran. Tetapi, bagaikan konsumen kita pasti wajib senantiasa berlagak kritis terhadap bermacam- macam produk tersebut.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Propolis”

Your email address will not be published. Required fields are marked *