Rp35,000.00

Berbagai manfaat pisang ambon atau yang biasa disebut pisang hijau sangat beragam. Berikut adalah beberapa manfaat pisang ambon.

Category: Tags:

Description

Buah pisang sebagai makanan yang memiliki banyak manfaat

Pisang Ambon telah dikenal luas oleh masyarakat, ternyata menjadi salah satu buah alternatif yang biasa digunakan sebagai hidangan penutup. Tapi tahukah Anda bahwa buah yang satu ini memang sangat enak dikonsumsi. Secara klinis, berbagai manfaat pisang ambon atau yang biasa disebut pisang hijau sangat beragam. Berikut adalah beberapa manfaat pisang ambon.

  1. Kadar Asam Folat

Ahli gizi sering merekomendasikan agar wanita hamil mengkonsumsi pisang. Hal ini disebabkan oleh adanya salah satu kandungan nutrisi dari manfaat pisang ambon yaitu asam folat alami yang mudah diserap oleh janin melalui rahim, yang berguna untuk membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. Ketika seorang wanita hamil kekurangan asam folat, ini dapat menyebabkan gangguan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.

Ini dapat menyebabkan kelumpuhan, kerusakan jaringan otak, dan meningkatkan risiko keguguran. Untuk alasan ini, seorang wanita yang hamil harus selalu memenuhi kebutuhan asam folat di tubuhnya.

  1. Sebagai Sumber Energi

Kandungan nutrisi pisang ambon adalah kalori sebesar 99 kkal / 100 gram. Ini dapat membantu menyumbangkan kalori ekstra yang dibutuhkan tubuh Anda dalam proses metabolisme. Meski tidak terlalu besar, namun kalori dalam pisang ambon dapat digunakan sebagai makanan alternatif untuk membuat perut kita terasa kenyang saat kita kelaparan.

  1. Obati anemia

Anemia adalah jenis penyakit yang dapat menyebabkan penderitanya merasa lemah dan lesu. Itu karena jumlah sel darah merah dalam tubuh di bawah normal. Manfaat zat besi atau Fe dalam pisang ambon cukup tinggi untuk membantu mengatasi anemia, dengan meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

  1. Obati kelainan hati

Untuk pasien dengan gangguan fungsi hati atau hati, disarankan untuk mengonsumsi 2 pisang ambon yang telah dicampur dengan 1 sendok makan manfaat madu secara teratur setiap hari. Ini diyakini dapat membantu meningkatkan nafsu makan serta meningkatkan stamina bagi seseorang yang menderita kelainan hati.

  1. Mengurangi gangguan usus

Bagi orang yang memiliki gangguan usus dan organ lambung, kandungan dalam manfaat pisang ambon diyakini memiliki efek penyembuhan yang baik untuk kedua penyakit. Cara ini cukup mudah dan sederhana, hanya dengan mengonsumsi jus pisang ambon yang telah dicampur dengan manfaat susu secara rutin setiap hari. Pisang Ambon dan beberapa jenis pisang lainnya dikenal dapat menetralkan asam dalam lambung sehingga sangat baik untuk menenangkan perut.

  1. Mengurangi Risiko Diabetes

Selain beberapa manfaat pisang ambon yang disebutkan di atas, ternyata buah yang memiliki rasa manis juga berkhasiat dalam mengobati diabetes. Ini karena ada kandungan gula yang cukup sederhana pada pisang ambon yang mudah diserap tubuh, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.

  1. Membantu pengobatan hipertensi

Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, dianjurkan untuk mengonsumsi manfaat pisang termasuk pisang ambon. Dalam buah ini mengandung senyawa kalium yang penting untuk membantu mengatur fungsi jantung, tekanan darah, saraf dan aktivitas otot. Kalium juga dapat mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, menjaga tekanan darah dalam kondisi normal. Kandungan serat dalam pisang ambon juga berfungsi untuk mengikat lemak di pembuluh darah.

  1. Menurunkan berat badan

Bagi seseorang yang sedang menjalani program diet, mengonsumsi pisang ambon sangat baik untuk membantu program tersebut. Ini karena kandungan karbohidrat kompleks dalam pisang ambon tidak berpengaruh pada peningkatan kadar glukosa darah secara drastis. Pisang Ambon juga dikenal rendah lemak, sehingga aman untuk mendukung program diet. Serat yang ditemukan dalam pisang ambon juga memengaruhi penurunan berat badan dan mempercepat proses metabolisme tubuh. Selain itu, serat juga banyak tersedia di:

Kami merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi buah ini secara langsung tanpa pemrosesan sebelumnya seperti pisang goreng, kolak, atau milkshake.

  1. Menghaluskan sistem pencernaan

Gangguan pada sistem pencernaan dalam tubuh manusia dapat disebabkan karena kesalahan dalam diet dan makanan kita. Pisang Ambon sangat kaya akan produk serat yang bisa membantu pencernaan. Selain itu, manfaat vitamin B, yaitu vitamin B-6 mampu menangkal diare. Pisang Ambon juga memiliki sifat antasid dan mudah dicerna, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung.

Menurut berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan pisang secara teratur akan memiliki dinding perut yang lebih kuat daripada orang yang menghindari konsumsi pisang.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Karena berkaitan dengan antibodi dalam tubuh, setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda (sistem kekebalan). Kandungan manfaat vitamin A, B-6, dan vitamin C yang ditemukan dalam pisang ambon diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai infeksi dan virus.

Peneliti dari Amerika Serikat menemukan bahwa lektin, senyawa kimia yang ditemukan dalam pisang ambon dapat menghambat perkembangan infeksi HIV di dalam tubuh, yaitu dengan menghalangi masuknya virus.

  1. Mencegah serangan jantung

Serangan jantung dapat terjadi karena berbagai faktor, termasuk berkurangnya aliran oksigen ke jantung akibat penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan lemak di dinding pembuluh darah. Kandungan kalium dalam manfaat pisang ambon dapat bertindak sebagai tonik yang baik untuk jantung. Selain itu, kandungan serat dalam buah ini dapat membantu mengurangi kolesterol.

Sedangkan manfaat vitamin C dan manfaat senyawa flavonoid yang terkandung dalam pisang ambon adalah agen antioksidan yang dapat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Konsumsi pisang Ambon sehat

Pisang Ambon dapat dikonsumsi setiap hari, tetapi dalam jumlah yang sesuai yaitu hanya 1 atau 2 buah per hari. Pisang dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Untuk menjaga daya tahan dan kesegaran pisang Ambon, harus disimpan di lemari es.

Tetapi konsumsi pisang ambon juga tidak berlebihan, karena pisang ambon memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi yaitu sekitar kalori per buah. Konsumsi kalori yang terlalu banyak dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, penurunan daya tahan tubuh, serat dapat meningkatkan risiko diabetes.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Pisang”

Your email address will not be published. Required fields are marked *