Rp25,000.00

Pempek ini terbuat dari adonan tepung tapioka (kanji) dan ikan. Pempek disajikan dengan digoreng terlebih dahulu. Setelah digoreng, pempek dicampur dengan kuah cuka. Rasanya enak, gurih dan pedas.

Category: Tag:

Description

Pempek yang merupakan makanan khas dari Palembeng menjadi pilihan banyak orang mulai dari daerahnya sendiri ataupun orang dari luar pulau palembang. makanan ini sudah menyebar ke penjuru indonesia bahkan sampai internasional, di kota besar pasti tidak sulit menemukan makanan sati ini jika menginginkannya.

Makanan ini terbuat dari adonan tepung tapioka (kanji) dan ikan. Pempek disajikan dengan digoreng terlebih dahulu. Setelah digoreng, pempek dicampur dengan kuah cuka. Rasanya enak, gurih dan pedas.

Asal Mula Pempek

Pempek telah ada di Palembang sejak abad 16, ketika perantau Tionghoa datang dan menetap. Nama pempek  atau ada juga yang menyebutnya empek-empek berasal dari sebutan apek atau pek-pek. Sebutan itu adalah panggilan untuk paman atau lelaki tua Tionghoa.

Sekitar tahun 1617, seorang apek berusia 65 tahun tinggal di tepian sungai Musi. Dia prihatin melihat banyaknya tangkapan ikan yang belum bisa dimanfaatkan dengan baik. Hanya sebatas digoreng serta direbus dan digarami saja. Oleh karena itu apek memikirkan bentuk pengolahan ikan lainnya. Ia mencampur daging ikan dengan tepung tapioka sehingga menghasilkan makanan baru. Apek menjualnya dengan bersepeda keliling kota. Setiap pembeli memanggil apek dengan sebutan “Pek… Pek…” hingga akhirnya makanan itu disebut pempek

Nah dalam penyajiannya pun banyak variasi untuk melahaphabis pempek ini. Mari kita simak Sebagian besar orang menikmaticara makan pempeknyasesuai selera.

  1. Kuah dicampurkan

Cara menyantap satu ini pasti kamu pernah coba kan. Dimana pempekyang sudah siap saji di potong kecil lalu di masukan ke mangkok yang berisikan kuah cukalalu kalian mengaduknya dan melahapnya satu-persatu.

Kelebihan : bumbu akan lebih mudah menyerap dam menempel ke pada pempek tersebut.

  1. Kuah dipisah

Sebenarnya cara ini merupakan kebanyakan penyajian di daerah Palembang yang merupakan asal dari mekanan ini. Dimana pempek yang sudah disajikan  akan dipotong kecil lalu di taro di sebuah piring dan untuk kuah cukanya di tempatkan pada mangkok terpusisah. Dan pempek ini dimakan dengan cara ci cocol atau dicelupkan bagiannya lalu dimakan. Dam biasanya sia kuah akan di minum seperti menyeruput teh hangat.

Kelebihan : Pempek akan lebih renyak di makan walaupun dalam jangka waktu yang agak lama.

Itu merupakan cara memakan atau penyajian pempek saat ingin dimakan. Jadi kalian tim dari penyajian yang mana nih.? Yuk orader pempeknya dan cobain sensari penyajian yang berbeda dalam penyantapan makanan khas Palembang ini.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Pempek”

Your email address will not be published. Required fields are marked *