Rp50,000.00

Minyak kelapa sering disebut sebagai alternatif yang lebih sehat untuk jenis minyak lainnya. Jenis minyak yang satu ini bermanfaat untuk kecantikan.

Category: Tags:

Description

Minyak Kelapa dengan Berbagai Vitamin untuk Kesehatan dan Kecantikan

Minyak kelapa sering disebut sebagai alternatif yang lebih sehat untuk jenis minyak lainnya. Jenis minyak yang satu ini, dianggap bermanfaat untuk kecantikan bagi kesehatan secara keseluruhan. Benarkah manfaat minyak kelapa begitu luar biasa?

Kebanyakan orang awam percaya pada manfaat komponen yang satu ini. Namun, para ahli gizi masih berdebat. Alasannya, minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Sementara itu, kelebihan lemak jenuh dalam tubuh bisa memicu penyakit jantung.

Di sisi lain, para ahli yang percaya pada manfaat minyak kelapa menganggap bahwa komposisi lemak jenuh yang terdapat dalam minyak kelapa berbeda dari yang ditemukan dalam produk hewani olahan. Mereka juga menganggap bahwa minyak kelapa memiliki manfaat lain, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Manfaat minyak kelapa sangat memalukan jika dilewatkan begitu saja
Beberapa ahli percaya bahwa minyak kelapa dapat memberikan manfaat kesehatan, asalkan dikonsumsi secara adil dan tidak berlebihan. Berikut ini manfaat potensial minyak kelapa untuk kesehatan.

1. Melembabkan kulit

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai pelembab yang baik untuk kaki, tangan, dan siku Anda. Minyak ini juga dapat digunakan untuk pelembab wajah bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering. Manfaat minyak kelapa untuk kulit tidak berhenti sampai di situ. Sebab, bahan ini juga dianggap bisa membantu memperbaiki tumit yang retak.
Untuk melakukan perawatan ini, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke tumit Anda sebelum tidur, lalu gunakan kaus kaki. Ulangi metode ini sampai tumitnya halus.

2. Membuat rambut berkilau

Beberapa orang percaya, mengoleskan minyak kelapa ke rambut, akan membuatnya lebih berkilau dan terlindung dari kerusakan. Karena itu, minyak ini dianggap mampu menyerap ke dalam kulit kepala, dan lebih baik dari jenis minyak dari mineral. Meski begitu, manfaat minyak kelapa tampaknya tidak berlaku untuk semua jenis rambut. Jika Anda ingin mencoba, tentu tidak ada salahnya. Namun, ada baiknya Anda mengetahui kesesuaian jenis rambut Anda dengan perawatan dengan minyak kelapa.

3. Membantu penurunan berat badan

Banyak orang percaya, minyak kelapa bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Karena, komponen unik yang disebut MCT yang terkandung dalam minyak kelapa, membuat lebih banyak kandungan lemak di dalamnya, diubah menjadi energi, daripada disimpan menjadi lemak tubuh.
Namun, bukan berarti Anda hanya mengonsumsi minyak kelapa untuk mencapai berat badan ideal. Sebab, kelapa adalah buah yang tinggi kalori. Jadi, mengonsumsi minyak kelapa sebanyak mungkin bukanlah cara yang tepat untuk diet.

4. Mencegah penyakit hati

Sebuah studi yang dilakukan dengan menggunakan hewan uji, mengamati efek konsumsi minyak kelapa pada kesehatan hati. Akibatnya, hewan yang mengkonsumsi minyak kelapa secara teratur selama 4 minggu memiliki kesehatan hati yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.
Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat minyak kelapa yang satu ini pada manusia.

5. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan yang terkandung dalam minyak kelapa, bisa diubah oleh hati menjadi keton. Keton adalah sumber energi alternatif untuk otak.

6. Kandungan polifenol untuk jantung

Manfaat minyak kelapa murni selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Kandungan polifenol dalam minyak kelapa VCO dapat mencegah atherosclerosis, yang merupakan pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak lemak pada dinding pembuluh darah.

7. Mengurangi lemak jahat

Minyak kelapa murni sebenarnya bisa mengurangi lemak jahat di tubuh. Manfaat minyak kelapa murni dapat mengurangi kolesterol total, lemak jahat, dan trigliserida, dan dapat meningkatkan lemak baik.

8. Mengurangi risiko Alzheimer

Kandungan keton dalam minyak kelapa adalah asal dari perannya untuk kesehatan otak. Zat ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak ketika tubuh memiliki kadar glukosa yang lebih rendah. Keton juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan berpotensi membantu penderita Alzheimer.

9. Untuk diabetes

Manfaat minyak kelapa murni berikutnya adalah untuk diabetes. Rantai asam lemak dalam minyak kelapa dianggap meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh. Dalam kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa juga diyakini dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Sebelum mencoba manfaat minyak kelapa, pertimbangkan ini
Ada beberapa jenis minyak kelapa, dan semuanya dapat memiliki efek yang berbeda jika dikonsumsi. Jadi, manfaat minyak kelapa di atas, belum tentu berlaku untuk semua jenis.

Secara umum, minyak kelapa terbaik adalah minyak dengan pengolahan paling sedikit. Seperti minyak kelapa extra virgin, misalnya. Minyak kelapa jenis ini, diambil dari buah segar yang sudah matang dan pengolahannya tidak melibatkan suhu tinggi, atau bahan kimia tambahan lainnya.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal dari minyak kelapa, gunakan jenis alami dan setidaknya tahap pengolahan. Selain itu, jangan mengonsumsi terlalu banyak minyak kelapa. Karena bagaimanapun, kandungan kalori dalam kelapa cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan kandungan lemak dan berat badan.

Penggunaan minyak kelapa juga tidak disarankan untuk orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Pada kelompok individu ini, konsumsi lemak jenuh tidak disarankan melebihi 6% dari total kalori harian.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Minyak kelapa (virgin coconut oil)”

Your email address will not be published. Required fields are marked *