Rp20,000.00

Penelitian yang lebih intensif menemukan bahwa lengkuas mengandung zat antitumor, yaitu trans-cumarial dastetate.

Description

Fakta Mengejutkan dari Lengkuas Sebagai Rempah Yang Banyak Ditemukan

Apakah manfaat lengkuas untuk kesehatan merupakan fakta dan didukung oleh penelitian ilmiah? Jawabannya adalah ‘ya’. Oleh karena itu, dalam tulisan ini akan dibahas secara mendalam tentang kandungan lengkuas dan sejuta manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Ada banyak zat bermanfaat dalam lengkuas. Dalam 10 gram lengkuas mengandung 149 kalori, 15 gram karbohidrat, 2 gram serat, 1 gram protein, 1 gram lemak total, dan 4 gram vitamin C.Namun, itu belum semuanya, lho Gengs. Lengkuas juga memiliki banyak zat lain dalam 1 rimpang akar.

Dalam 1 ikat rimpang lengkuas mengandung kurang lebih 1 persen minyak atsiri. Minyak esensial ini berwarna kuning kehijauan. Minyak atsiri mengandung 48 persen metil sinamat, 20 persen cineol, 30 persen eugenol, 1 persen kamper, dan 1 persen seskuiterpen. Selain itu, lengkuas juga mengandung galangol, cadein, resin, hidrat hidrat, pati, dan flavonoid.

Nama-nama zat asing itu semuanya dibutuhkan dan bermanfaat bagi tubuh. Penelitian yang lebih intensif menemukan bahwa lengkuas mengandung zat antitumor, yaitu trans-cumarial dastetate, transoniferil diacetate, acetoxy chavikol acetate, acetoxy eugenol setat, dan hydroxy benzaidehide.

Berikut adalah manfaat lengkuas untuk kesehatan yang terkenal:

1. Mencegah Kanker dan Tumor

Meski kecil, hal terbesar tentang lengkuas adalah kemampuannya untuk mencegah seseorang berkembang menjadi kanker atau tumor. Ada beberapa penelitian yang membuktikannya, meski dalam skala kecil. Lengkuas mampu meningkatkan kematian sel apoptosis, atau bunuh diri sel, untuk sel abnormal yang berpotensi menjadi kanker atau tumor.

2. Menjaga Kualitas Sperma

Bagi pria, lengkuas memiliki khasiat tersendiri. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Iranian Journal of Reproductive Medicine menyebutkan bahwa lengkuas dapat meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma. Secara umum bumbu ini akan meningkatkan kesehatan sperma.

3. Melawan Penuaan Dini

Melawan tanda-tanda penuaan dini tidak hanya dilakukan oleh buah-buahan, sayur mayur dan bunganya, gengs. Legkuas sangat kaya akan komponen antioksidan, bumbu ini memiliki hingga 40 jenis komponen yang siap melawan kerutan dan garis halus di wajah. Tak heran, banyak orang tua di masa lalu rajin meminum jamu dan tampak awet muda.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Karena memiliki komponen anti inflamasi, lengkuas juga berpotensi kuat untuk melindungi kesehatan otak. Lengkuas dapat mengurangi risiko kemunduran kognitif atau kemampuan berpikir, serta membantu melawan depresi.

Manfaat Lengkuas untuk Pengobatan Penyakit

Selain mencegah penyakit, ternyata lengkuas juga bermanfaat dalam mengurangi gejala penyakit bahkan mengobatinya.

1. Meredakan Gejala Asma

Lengkuas dapat digunakan untuk meredakan gejala sesak nafas akibat asma karena lengkuas memiliki efek antispasmodik. Efek ini berfungsi untuk memperlebar bronkiolus yang menyempit saat serangan asma. Oleh karena itu, lengkuas dapat meredakan gejala asma.

2. Batuk dan radang tenggorokan

Untuk mendapatkan khasiat yang satu ini, Anda bisa mencampurkan lengkuas dengan air panas untuk diminum. Kehangatan dan berbagai zat baik di dalamnya dapat berupa zat ekspektoran atau ekspektoran. Anda akan merasakan dada, tenggorokan, dan saluran udara menjadi lega.

3. Luka bakar

Lengkuas bisa menjadi obat pertolongan pertama untuk luka bakar. Caranya, tumbuk lengkuas saja sampai halus lalu oleskan pada luka bakar untuk mengurangi rasa nyeri. Untuk menghilangkan bekas luka, Anda bisa menggosok irisan secara rutin setiap hari.

4. Masalah Kulit Kepala

Lengkuas memiliki efek anti jamur pada kulit tubuh, termasuk kulit kepala. Anda tinggal mengambil irisan lengkuas dan mengoleskannya pada kulit kepala. Jika merasa tidak nyaman, Anda juga bisa mencampurkan parutan lengkuas dengan minyak zaitun dan mengoleskannya ke kulit kepala.

5. Diare

Ketidaknyamanan pencernaan juga bisa diatasi dengan mengonsumsi lengkuas. Zat anti bakteri di dalamnya mampu membasmi bakteri patogen penyebab diare. Dengan sifat anti mikroba tersebut, disinyalir dapat meredakan serangan diare yang bukan disebabkan oleh virus.

6. Rematik

Lengkuas yang memiliki sifat anti inflamasi atau anti inflamasi dapat digunakan sebagai obat radang sendi atau radang sendi seperti rematik.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Lengkuas”

Your email address will not be published. Required fields are marked *