Rp35,000.00

Labu di nikmati sebagai sayur maupun camouran pada es buah memeng sangat nikmat, di balik itu labu memiliki berbagai khasiat.

Category: Tags:

Description

Manfaat Labu Siam  untuk Kesehatan dan Ketahui Efeknya

Labu siam adalah jenis sayuran yang dikonsumsi oleh banyak orang Indonesia. Di wilayah Jawa, labu lebih dikenal sebagai jipang, sedangkan di dunia disebut labu. Labu siam sendiri bukan tanaman asli Indonesia. Seperti namanya, labu berasal dari wilayah Siam yang berada di negara tetangga kita, Thailand.

Labu memiliki bentuk seperti pir, tetapi memiliki warna hijau. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa labu adalah sayuran hijau yang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of North Florida, Amerika Serikat, menemukan bahwa labu mengandung banyak vitamin. Labu juga merupakan sayuran yang sangat rendah kalori, tinggi serat, dan kaya mineral. Lalu, apa manfaat Labu yang bisa diberikan?

Manfaat labu untuk kesehatan cukup banyak untuk mencegah penyakit untuk membantu pola diet. Pohon labu siam adalah sejenis tanaman merambat yang memiliki sulur – sulur yang nantinya akan menjadi tempat untuk pertumbuhan labu siam. Labu dapat tumbuh di tanah yang lembab tetapi tidak becek dan tidak mengandung air. Labu dapat dipanen setelah 30 periode tanam, memang cukup cepat. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi labu:

  1. Mencegah Cacat Lahir

Labu adalah sayuran yang juga memiliki B kompleks, yaitu Folat yang cukup baik. Konten folat adalah 93 ug dalam 100 gram labu atau sama dengan 23% dari persyaratan folat yang direkomendasikan. Folat sendiri diperlukan dalam proses pembelahan sel, sehingga pada wanita hamil folat membantu pertumbuhan janin dan mencegah bayi dari cacat saraf.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Labu, seperti labu lainnya, adalah kandungan kalori yang sangat rendah. Labu hanya mengandung 16 kalori dalam setiap 100 gram. Selain itu, seperti dapat dilihat pada tabel di atas kandungan gizi, labu tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sama sekali. Labu juga mengandung serat tinggi. Jadi, dari faktor inilah yang menjadikan Labu menjadi makanan yang direkomendasikan bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan.

  1. Membantu Mengurangi Kolesterol

Dalam tabel kandungan nutrisi, labu tidak memiliki kandungan lemak jenuh, bahkan hanya untuk sejumlah kecil kalori. Berdasarkan faktor-faktor ini, labu dapat digunakan untuk mengontrol kadar kolesterol tinggi. Dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi orang dengan kolesterol tinggi.

  1. Membantu melawan kanker

Dalam labu siam, ada antioksidan yang apigenin dan luteolin. Kedua jenis antioksidan ini bermanfaat untuk melawan dan membersihkan radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh kita.

  1. Sebagai sumber antioksidan

Labu mengandung sekitar 7,7 mg vitamin C. Vitamin C sendiri adalah anti-oksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Dengan mengonsumsi 100 gram labu, Anda akan memenuhi sekitar 13 persen dari total kebutuhan vitamin C yang direkomendasikan tubuh setiap hari.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi labu dipercaya dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Universitas Purdue. Dalam penelitian itu, labu digunakan sebagai teh atau dikonsumsi sebagai minuman, dan hasilnya terbukti mengurangi tekanan darah.

  1. Mengatasi batu ginjal

Labu siam, terutama daunnya, dapat digunakan dalam pengobatan batu ginjal. Ini seperti terungkap dalam hasil penelitian yang dilakukan di University of North Florida. Selain itu, daun labu siam juga berguna untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

  1. Obati sembelit

Dengan menambahkan labu ke dalam makanan, ini berarti kita juga menambahkan asupan serat yang dibutuhkan tubuh kita. Serat-serat ini akan membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh, sehingga bisa mencegah sembelit.

  1. Cegah kembung

Labu juga berguna untuk mengobati gangguan lambung. Jika Anda mengalami kembung misalnya, minumlah teh yang dicampur dengan labu iris. Ini karena Labu ternyata mengandung unsur yang termasuk dalam zat diuretik yang salah satu kegunaannya adalah untuk mengobati perut kembung.

  1. Mengurangi Risiko Stroke

Menurut penelitian, jumlah homocysteine ​​yang berlebihan dalam darah akan meningkatkan risiko stroke akibat penyakit jantung. Labu dapat menjadi sumber folat yang baik untuk tubuh dan membantu menstabilkan homocysteine ​​dalam darah.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Labu mengandung banyak vitamin esensial yang sangat berguna untuk kesehatan. Salah satunya adalah vitamin C yang cukup banyak terdapat di labu siam. Sebagai anti oksidan, vitamin C dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti penyakit jantung.

  1. Sebagai Sumber Berbagai Mineral

Berbagai mineral seperti potasium, zat besi, fosfor dan mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, menjaga kekuatan dan kepadatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan metabolisme. Dan, berbagai mineral juga ditemukan di labu siam.

Efek samping Labu Siam

Pada dasarnya, mengonsumsi Labu dalam jumlah yang wajar tidak akan menimbulkan efek samping pada kesehatan. Namun, ada satu hal yang harus Anda perhatikan ketika mengupas labu siam. Dalam squash siam, jika kulit dikupas akan mengeluarkan getah berwarna jernih yang dapat menyebabkan gatal dan tangan atau jari memegang labu labu bahkan dapat mengalami mati rasa. Hal ini terjadi karena pada labu siam mengandung zat yang bersifat anestesi.

Efek yang dirasakan saat mengupas atau memegang labu siam tersebut hanyalah sementara, jadi anda tidak perlu khawatir. Cuci tangan hingga bersih untuk meredakan efek tersebut. Sebagai tambahan informasi, ternyata labu siam bisa menyebabkan efek samping jika terjadi interaksi dengan obat – obatan tertentu seperti aspirin dan obat – obatan yang digunakan dalam pengobatan penyakit kardiovaskular. Manfaat labu siam dapat anda gunakan sebagai sayuran untuk konsumsi sehari hari.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Labu”

Your email address will not be published. Required fields are marked *