Rp20,000.00

Ketumbar ini merupakan bumbu masak yang sehat dengan kandungan nutrisi paling beragam. Berikut ini beberapa manfaat ketumbar untuk tubuh.

Description

Fakta Unik Tentang Ketumbar yang Harus Diketahui Khasiatnya

Ketumbar merupakan produk olahan dari biji ketumbar atau dalam bahasa latin disebut Coriandrum sativum. Biji ketumbar yang sudah dikeringkan dan dihaluskan terkenal sebagai bumbu dapur. Namun, ternyata ada fakta unik seputar manfaat ketumbar bagi tubuh.

Kak, ketumbar umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Ketumbar ini merupakan bumbu masak yang sehat dengan kandungan nutrisi paling beragam. Berikut ini beberapa manfaat ketumbar untuk tubuh.

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat ketumbar yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat adalah membantu mengatasi gangguan pencernaan. Seperti sakit perut, mual, perut kembung, dan lain-lain. Ekstrak ketumbar juga digunakan sebagai campuran obat penambah nafsu makan.

2. Mencegah diabetes

Ketumbar juga memiliki manfaat sebagai pengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Ini karena biji ketumbar dapat merangsang produksi insulin dalam tubuh. Sehingga bisa mencegah penumpukan gula di dalam darah. Namun perlu diperhatikan dosisnya, karena ketumbar sangat efektif menurunkan gula darah.

3. Mencegah peradangan

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan pada biji ketumbar dapat mencegah terjadinya peradangan akibat radikal bebas. Tak hanya itu, antioksidan yang terkandung dalam ketumbar dipercaya dapat menghambat pertumbuhan kanker del. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Selain bijinya yang digunakan sebagai bahan masakan, daun ketumbar juga memiliki banyak manfaat.

Fakta Unik Khasiat Ketumbar

Manfaat daun ketumbar
Daunnya yang masih berhubungan dengan seledri bisa memberi tubuh sedikit karbohidrat, mineral, dan senyawa aktif dengan berbagai kegunaan. Banyak penelitian telah dilakukan untuk mengetahui manfaat daun ketumbar bagi tubuh. Berikut manfaatnya ya kak:

1. Membantu Memerangi Infeksi Bakteri dan Jamur.

Manfaat daun ketumbar lainnya adalah melawan infeksi bakteri dan jamur. Salah satu penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa zat aktif dari daun ketumbar dapat membunuh bakteri Salmonella enterica. Bakteri inilah yang membuat sakit perut saat keracunan makanan. Bahkan jika dikombinasikan dengan ekstrak biji ketumbar, daun ketumbar bahkan mampu melawan bakteri S. typhi penyebab demam tifoid dan bakteri pemicu infeksi saluran kemih.

2. Meredakan Nyeri dan Migrain.

Daun ketumbar telah lama digunakan sebagai obat alami untuk sakit kepala, gejala alergi dan luka bakar. Ternyata hal ini dikarenakan daun ketumbar mampu meredakan nyeri dan peradangan pada tubuh yang telah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

3. Menurunkan risiko serangan jantung.

Ekstrak daun ketumbar mampu menghambat pembentukan gumpalan darah pada tabung reaksi. Jika pembuluh darah bersih dari gumpalan darah, aliran darah juga akan lancar sehingga risiko penyakit jantung menurun. Manfaat daun ketumbar semakin besar jika dipadukan dengan bijinya. Pasalnya, ekstrak biji ketumbar dapat menurunkan tekanan darah. Saudaraku, demikianlah beberapa manfaat daun ketumbar. Tak hanya membuat masakan terasa semakin nikmat, ketumbar juga memberikan manfaat bagi kesehatan.

Efek samping ketumbar bagi tubuh
Beberapa efek samping bisa muncul jika kita mengonsumsi ketumbar dengan dosis yang tidak tepat. Efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan ketumbar adalah reaksi alergi, dehidrasi, penurunan kadar gula darah yang drastis, dan juga peningkatan sensitivitas kulit terhadap cahaya.

Perlu juga diperhatikan, bahwa konsumsi ketumbar sebagai obat herbal tidak dianjurkan bagi ibu hamil, penderita alergi ketumbar, serta penderita tekanan darah rendah dan penderita diabetes.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Ketumbar”

Your email address will not be published. Required fields are marked *