Rp20,000.00

This sweet summer salad is a refreshing addition to the dinner table and gains tons of flavor from fresh ginger and sesame oil.

Description

Kapulaga Dari Beberapa Penelitian Ilmiah Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Banyak yang belum mengetahui manfaat kapulaga bagi kesehatan. Ekstrak biji, minyak dan rempah yang berasal dari India ini ternyata menjadi bahan yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional.

Di Indonesia sendiri, sebuah penelitian di Universitas Gadjah Mada mencatat ada dua jenis kapulaga, yaitu kapulaga lokal dan kapulaga sabrang. Studi tersebut juga mencatat kandungan kapulaga termasuk saponin, flavonoid, polifenol dan minyak atsiri.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat kapulaga beserta kandungan di dalamnya, simak beberapa fakta berikut ini:

Mengatasi bau mulut

Bau mulut disebabkan oleh aktivitas bakteri dalam sisa makanan dan sel epitel yang ditemukan di rongga mulut Anda. Aktivitas bakteri ini akan menghasilkan gas bau yang didalamnya terdapat senyawa metil.

Untuk mengurangi bau mulut diperlukan antibakteri yang dapat menurunkan kadar metil yang diproduksi oleh bakteri. Dan minyak atsiri dari kapulaga memiliki sifat antibakteri yang dapat menurunkan kadar metil tersebut.

Zat aktif yang berfungsi sebagai agen antibakteri pada minyak atsiri kapulaga adalah cineol. Sifat antibakteri sineol dapat dilihat dengan adanya mekanisme untuk menurunkan toleransi bakteri terhadap NaCl.

Mengandung senyawa antikanker

Komponen dalam kapulaga dianggap membantu Anda melawan sel kanker. Hal tersebut dibuktikan pada penelitian yang dilakukan di Arab Saudi yang dilakukan pada tikus.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan pada manusia juga menunjukkan hal yang sama. Komponen dalam kapulaga telah terbukti menghentikan sel kanker mulut.

Menurunkan tekanan darah

Penelitian yang dilakukan di India menunjukkan penurunan tekanan darah pada 20 orang dewasa yang terdiagnosis tekanan darah tinggi setelah diberikan 3 gram bubuk sabrang kapulaga per hari selama 12 hari.

Ini diduga karena antioksidan tinggi di kapulaga. Dalam studi yang sama, partisipan menunjukkan 90 persen peningkatan kadar antioksidan dalam tubuh di akhir studi.

Selain itu, kemampuan ini diduga disebabkan oleh efek diuretik kapulaga. Secara tidak langsung, hal ini berarti kapulaga dapat mengeluarkan air yang terkumpul dari dalam tubuh melalui urine.

Mengandung senyawa antikanker

Komponen dalam kapulaga dianggap membantu Anda melawan sel kanker. Hal tersebut dibuktikan pada penelitian yang dilakukan di Arab Saudi yang dilakukan pada tikus.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan pada manusia juga menunjukkan hal yang sama. Komponen dalam kapulaga telah terbukti menghentikan sel kanker mulut.

Mengandung efek anti inflamasi

Kapulaga mengandung antioksidan yang melimpah, dan ini dapat membantu tubuh Anda menghentikan peradangan.

Sebuah penelitian di India menunjukkan ekstrak kapulaga dengan dosis 50-100 mg per kg berat badan ternyata efektif dalam menghambat empat jenis komponen inflamasi pada tikus percobaan.

Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan penurunan gula darah tikus yang diberi bubuk kapulaga dibandingkan sebaliknya.

Namun, ini sepertinya tidak memiliki efek khusus jika Anda sudah menderita diabetes tipe 2. Hal tersebut dikonfirmasi dalam penelitian yang dilakukan di Iran yang dilakukan terhadap 200 orang dewasa dengan status diabetes tipe 2.

Mengobati masalah pencernaan

Kapulaga telah digunakan sebagai obat tradisional salah satu cara untuk mengatasi masalah pencernaan. Biasanya kapulaga akan dicampur dengan obat lain untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada perut, mual dan muntah.

Sebuah penelitian di India menunjukkan dosis ekstrak kapulaga 12,5 mg per kg berat badan memiliki efek yang lebih baik dibandingkan pengobatan maag lainnya.

Kapulaga juga dikatakan memiliki manfaat dalam melindungi tubuh Anda dari bakteri Helicobacter pylori yang dapat menyebabkan masalah pada lambung.

Membantu pernapasan

Jika Anda menggunakan kapulaga sebagai aromaterapi, komponen dalam kapulaga dapat mengeluarkan bau yang menyegarkan dan dapat membantu pernapasan Anda menggunakan oksigen dengan lebih baik.

Kemampuan menghasilkan bau yang menyegarkan juga bisa membantu Anda mengobati asma.

Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian terhadap 80 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan adanya hubungan antara kapulaga dan penurunan lingkar pinggang.

Namun, hasil berbeda ditunjukkan melalui penelitian yang dilakukan pada tikus yang diberi kapulaga. Studi ini tidak menunjukkan hasil yang signifikan dalam menemukan hubungan antara keduanya.

Melindungi hati

Ekstrak kapulaga dapat menurunkan peningkatan enzim hati, trigliserida dan kadar kolesterol. Kapulaga juga dapat mencegah pembengkakan hati, yang dapat menurunkan risiko penyakit hati.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Kapulaga”

Your email address will not be published. Required fields are marked *