Rp35,000.00

Buah jeruk adalah buah yang kaya akan khasiat. Berikut ini manfaat jeruk agar kita mengkonsumsinya lebih teratur.

Category: Tags:

Description

Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kebaikan Tubuh

Siapa yang tidak kenal jeruk? Dari sudut desa ke bangunan metropolitan, buah ini sangat populer dan mungkin yang paling terkenal. Selain rasanya yang menyegarkan, buah jeruk ini juga kaya manfaat. Mengintip manfaat jeruk dan nutrisi dalam artikel ini.

Buah jeruk adalah buah yang kaya akan khasiat. Berikut ini manfaat jeruk agar kita mengkonsumsinya lebih teratur:

  1. Mencegah batu ginjal

Mungkin manfaat ini adalah ciri dari kebaikan buah jeruk seperti jeruk. Jeruk mengandung asam sitrat dan sitrat, yang dipercaya efektif mencegah pembentukan batu ginjal. Untuk alasan ini, sitrat dalam bentuk kalium sitrat sering diresepkan oleh dokter untuk mengobati batu ginjal pada pasien. Obat ini memiliki efek yang hampir sama dengan jeruk.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Buah jeruk mengandung senyawa flavonoid, seperti hesperidin. Konten ini diyakini memiliki efek perlindungan pada jantung. Kandungan serat dalam buah ini juga diyakini memiliki efek yang sama. Konsumsi jeruk secara teratur berpotensi menjaga kesehatan jantung Anda.

  1. Mencegah anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, sehingga mengurangi kemampuannya untuk mensirkulasikan oksigen ke seluruh tubuh. Seringkali, kondisi anemia dipicu oleh kekurangan zat besi.

Buah jeruk adalah sumber vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat yang baik. Kedua asam ini membantu tubuh mengoptimalkan penyerapan zat besi dalam saluran pencernaan.

Buah jeruk kaya akan asam sitrat dan vitamin C. Konsumsi rutin sumber makanan besi disertai dengan buah jeruk, dapat menjauhkan kita dari anemia.

  1. Kontrol tekanan darah

Buah jeruk tidak mengandung mineral natrium, sehingga berpotensi membantu kita untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi mineral ini. Mengontrol asupan natrium penting untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Selain itu, konsumsi jus jeruk juga membantu meningkatkan konsumsi kalium. Memenuhi kebutuhan tubuh akan kalium sama pentingnya dengan mengurangi natrium, untuk mengendalikan tekanan darah.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat jeruk diminta untuk pencegahan penyakit kronis. Buah ini juga membantu menjaga kesehatan kulit, karena kaya akan vitamin C. Vitamin C berkontribusi pada produksi kolagen. Kolagen adalah jenis protein yang sebagian besar membentuk bagian tubuh, termasuk struktur kulit.

Vitamin C juga berperan dalam penyembuhan luka, dan membantu meningkatkan kekuatan kulit.

  1. Potensi mengurangi risiko diabetes

Satu jeruk seberat 131 gram memberi kita serat sebanyak 3,14 gram. Jumlah ini hampir cukup untuk memenuhi 10% dari kebutuhan serat harian orang dewasa. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa konsumsi serat yang cukup membantu meringankan faktor risiko diabetes.

Tubuh juga mencerna serat lebih lambat daripada saat mencerna nutrisi lain. Ini diharapkan membuat tubuh kenyang lebih lama, sehingga berpotensi mempertahankan berat badan. Kontrol berat badan juga dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes.

Manfaat jeruk ada dalam nutrisi ini

Buah jeruk adalah buah yang mudah ditemukan serta kaya akan nutrisi. Beberapa isi dari buah jeruk, yaitu:

  1. Zat gizi makro

Jeruk sebagian besar terdiri dari karbohidrat dan air, dengan sedikit lemak dan protein. Karbohidrat dalam jeruk kebanyakan adalah gula sederhana, seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Gula inilah yang memberi rasa jeruk manis.

Meskipun tinggi gula, indeks glikemik buah jeruk relatif rendah, berkisar antara 31-51. Makanan dengan indeks glikemik rendah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan.

Buah jeruk juga mengandung serat, seperti pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Kebutuhan serat yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Vitamin dan mineral

Manfaat jeruk juga berasal dari zat gizi mikro, yaitu vitamin dan mineral. Beberapa konten mikro yang ditemukan dalam buah jeruk adalah:

* Vitamin C. Satu jeruk besar bahkan berpotensi memenuhi kebutuhan vitamin C harian kita.

* Thiamin atau vitamin B1.

* Folat atau vitamin B9.

* Kalium, sejenis mineral yang berhubungan dengan kontrol tekanan darah.

  1. Senyawa tanaman

Selain nutrisi makro dan mikro di atas, jeruk juga mengantongi berbagai senyawa tanaman. Senyawa tanaman dalam buah jeruk terutama dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok fenolik dan karotenoid.

Baik fenolik dan karotenoid keduanya memiliki sifat antioksidan yang berperan dalam mengendalikan radikal bebas. Beberapa contoh senyawa fenolik adalah hesperidin dan antosianin, dan contoh karoten adalah lycopene dan beta-cryptoxanthin.

Jeruk bali utuh dengan jus jeruk, mana yang lebih sehat?

Mengolah jeruk menjadi jus memang pilihan yang menyegarkan, terutama di sore yang panas. Perbedaan antara jeruk dan grapefruit adalah jus jeruk mengandung lebih sedikit serat daripada grapefruit, sehingga tidak terlalu mengenyangkan.

Makan jeruk secara langsung lebih sehat daripada mengolahnya menjadi jus. Terlalu banyak mengonsumsi jus jeruk dapat menyebabkan kenaikan berat badan, terutama jus jeruk yang diberi terlalu banyak gula tambahan (seperti dalam jus jeruk kemasan).

Mengonsumsi jus jeruk secara alami memiliki potensi yang baik untuk kesehatan. Namun, jika dibandingkan, makan jeruk utuh jauh lebih baik.

Efek samping dari konsumsi buah jeruk?

Tidak banyak efek negatif dari konsumsi buah jeruk yang dilaporkan. Beberapa orang melaporkan reaksi alergi, meskipun jarang.

Selain itu, karena jeruk mengandung asam sitrat dan vitamin C, konsumsi jeruk berisiko memperburuk gejala mulas.

Buah jeruk adalah buah yang mungkin sangat populer di belahan dunia mana pun. Mengkonsumsinya jauh lebih sehat jika dimakan langsung, meskipun jus jeruk bisa bermanfaat jika tidak dikonsumsi berlebihan dan tanpa tambahan gula.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Jeruk”

Your email address will not be published. Required fields are marked *