Rp20,000.00

Jahe Merah Tidak hanya aromanya, rasa yang menggigit dan sedikit pedas juga berperan penting dalam menyembuhkan beberapa penyakit.

Description

Fakta dan Khasiat Jahe yang Harus Anda Ketahui

Jahe telah menjadi komoditas besar di Indonesia. Tanaman rempah ini juga telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar selama puluhan tahun. Penggunaannya cukup beragam, mulai dari bahan makanan dan minuman hingga obat luar negeri.

Salah satu ciri khas jahe yang paling kentara adalah aromanya yang khas yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya aromanya, rasa yang menggigit dan sedikit pedas juga berperan penting dalam menyembuhkan beberapa penyakit.

Fakta Tentang Jahe

Jahe memiliki beberapa jenis dengan tampilan yang berbeda-beda. Jahe yang sering Anda lihat di pasaran adalah jenis jahe putih atau jahe emprit. Jahe ini sering digunakan untuk minyak, bahan makanan, dan jamu.

Ada pula jenis jahe gajah dengan bentuk yang lebih besar. Selain itu anda juga harus mengenal jenis jahe merah yang cukup langka karena hanya tumbuh pada waktu tertentu saja. Jenis jahe yang terakhir lebih pedas dibandingkan jenis lainnya.

Jahe juga datang tidak 100% sempurna. Anda tetap bisa merasakan efek samping dari mengonsumsi jahe secara berlebihan. Rasa pedas dan sifat panas yang dihasilkan dari jahe bisa membuat Anda merasa sakit perut, mulas, dan diare.

Dianjurkan untuk hanya mengonsumsi jahe tidak lebih dari 4 gram per hari. Jika ada keluhan kesehatan lain atau sedang hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Dibalik rasa pedas yang dihasilkan oleh jahe ternyata banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan jangka panjang, baik di dalam maupun di luar tubuh. Yuk, simak manfaat baik jahe untuk kesehatan.

1. Lindungi diri Anda dari kanker

Padahal, manusia sudah memiliki sel kanker di dalam tubuhnya. Ada beberapa makanan yang membuat sel ini menjadi berbahaya. Ada juga yang tahan pertumbuhannya dan bisa tetap jinak, salah satunya jahe.

Bumbu ini mengandung gingerol yang mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. Selain mencegah pertumbuhannya, kandungan ini juga mencegah penyebaran tumor di tubuh dan mengurangi keganasannya. Serta kandungan senyawa antioksidan seperti xanthone, tanin, dan antosianin yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker yang terdapat pada kulit manggis, anda bisa membacanya disini.

2. Meredakan masalah pencernaan

Mari kita mulai dengan yang paling umum. Jahe telah lama digunakan untuk mengatasi perut kembung, mual, dan sembelit. Minum air jahe hangat bisa langsung melancarkan sistem di perut dan menenangkannya.

Kandungan fenolik pada jahe juga merangsang air liur untuk membantu memindahkan makanan dan minuman di usus. Anda akan buang air kecil dan besar secara teratur dan teratur setiap hari. Selain kandungan fenolatnya, kandungan flavonoid dalam lemon dapat membantu asam dalam lambung memecah makanan sehingga dapat meningkatkan pencernaan secara keseluruhan, baca manfaat lemon lainnya di sini.

3. Mencegah penyakit degeneratif

Penurunan kemampuan tubuh memang tidak bisa dihindari, namun Anda bisa memperlambatnya dengan rutin mengonsumsi jahe. Jahe ternyata dapat mengobati penyakit degeneratif pada tubuh, termasuk radang sendi dan rematik yang sering terjadi pada lansia.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa jahe dapat mengobati gangguan kardiovaskular dan diabetes melitus. Kedua faktor ini biasanya menyebabkan seseorang terkena penyakit mematikan lainnya, lho.

4. Menurunkan kadar glukosa dan kolesterol

Gaya hidup yang tidak sehat juga akan menjatuhkan seseorang. Jenis makanan yang beredar saat ini seringkali memicu peningkatan kadar glukosa dan kolesterol jahat. Jika diteruskan pasti ada bahaya yang siap mengintai.

Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan bahwa mengonsumsi jahe juga membuat kadar glukosa darah turun secara signifikan. Tidak hanya itu, jahe juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda.

5. Meredakan nyeri otot

Mungkin Anda pernah mendengar multivitamin yang mengandung jahe untuk meredakan nyeri dan pegal-pegal. Ya, ternyata jahe juga bisa meredakan nyeri otot. Penelitian yang dilakukan para peneliti di University of Georgia menyebutkan jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi nyeri otot.

Anda bisa mengonsumsi minuman yang mengandung jahe setelah berolahraga. Dijamin setelah itu, otot Anda akan semakin baik. Untuk hasil yang lebih sempurna, Anda juga perlu mengistirahatkan tubuh dengan porsi yang cukup.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Jahe Merah”

Your email address will not be published. Required fields are marked *