Rp40,000.00

This sweet summer salad is a refreshing addition to the dinner table and gains tons of flavor from fresh ginger and sesame oil.

Description

Hati Ikan Makanan Pertama Penduduk Surga

Telah ada ketentuan dalam shoheh sunnah bahwa hidangan penghuni surga yang pertama kali masuk surga adalah ‘sekeping hati ikan’, hal itu tertuang dalam hadits Tsauban, asisten Nabi sallahu’alaihi. wa sallam, bahwa diantara para pendeta Yahudi (rabi) datang kepada Nabi dan meminta kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menguji beberapa masalah, telah menjadi perbincangan.

Orang-orang Yahudi bertanya, ‘Apa yang diperlakukan oleh penghuni surga ketika mereka masuk surga?

Dia menjawab, ‘Hati ikan’

Bertanya, ‘Makan siang apa setelahnya?

Menjawab, ‘Disembelih bagi mereka sapi surga yang dimakan dari ujungnya.

Menanyakan, ‘Apa minuman mereka?

Dijawab, ‘Dari mata air yang disebut salsabila. Sampai akhir hadits. HR. Muslim, 315.

Hadist yang Membahas Hati Ikan

Imam Nawawi rahimahullah berkata, ‘Ungkapan kata ‘Fama tuhfatuhum’ adalah apa yang dihadiahkan dan dikhususkan kepada seseorang dan dipersembahkan. Ibrohim Al-Halaby mengatakan ia adalah ujung buah-buahan.’ Selesai dari kitab ‘Syarkh Muslim, 3/227.

Dia pula berkata,‘ Sedangkan‘ An- Nun merupakan ikan laut bagi konvensi para ulama’. Sedangkan kata‘ Zaidahul kibdi’ merupakan potongan tertentu yang terdapat di hati. Serta itu yang sangat lezat.’ Berakhir dari kitab‘ Syarkh Muslim, 17/ 135- 136.

Ada ketentuan dalam hadits lain di shohehain dan sunan. Kami memilih hadits ini, karena di dalamnya ada perbedaan yang bisa disuguhi oleh penghuni surga yaitu sepotong hati ikan laut. Dengan makan siang setelah itu adalah daging sapi surga.

Kami belum menemukan hikmah pengkhususan ‘sekerat hati ikan’ sebagai makanan pertama penduduk surga. Akan tetapi kami meyakini bahwa Allah mempunyai hikmah nan tinggi. Dan Allah Azza Wajalla DIa Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana. Dia berfirman terkait dengan diri-Nya,

( وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَخْتَارُ مَا كَانَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ سُبْحَانَ اللَّهِ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ ) القصص/68.

‘Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia).’ SQ. Al-Qasas: 68.

Hal ini tidak memungkiri sebagian ulama ‘yang mencoba mengungkap kearifan memilih hati ikan pada khususnya. Beberapa orang mengatakan bahwa itu adalah tanda akhir dunia fana. Perpindahan ke surga adalah hidup yang kekal. Karena ikan merupakan salah satu hewan laut yang menunjukkan unsur kehidupan di bumi. Sapi adalah hewan darat yang menunjukkan budidaya dan bisnis di bumi. Memberi makan penduduk surga dengan baik menandai akhir dari kehidupan duniawi ini dan awal dari akhirat. Silakan lihat buku ‘Ruhul Ma’ani karangan Al-Alusi, 7/94.

Tanggapan Menurut Medis

Meskipun banyak sekali manfaat pengobatan hati ikan dalam makanan penduduk dunia, hati ikan menjadi perhatian khusus bagi para ahli dalam masalah makanan. Mereka menyebutkan antara lain menurunkan persentase kolesterol dalam darah, menurunkan minyak dalam tubuh, meredakan nyeri pada persendian tulang dan sangat kaya vitamin (D) yang memiliki banyak manfaat. Siapa pun yang ingin lebih luas dalam hal ini, dia harus mengacu pada referensi khusus dalam masalah ini.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Hati ikan”

Your email address will not be published. Required fields are marked *