Rp50,000.00

Habbatussaudah adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae,

Category: Tags:

Description

Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Segala Penyakit

Minum jamu sudah menjadi kebiasaan yang sudah menurun bagi masyarakat Indonesia. Salah satu tanaman yang sering diolah menjadi jamu adalah Habbatussauda, ​​yang memiliki nama latin Nigella sativa. Memang, apa manfaat Black Seed bagi kesehatan?

Apa itu Black Seed?

Memang, habbatussaudah adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae, tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan Barat.

Di negara asalnya, jintan hitam sering digunakan sebagai bumbu dan pengawet alami untuk masakan India dan Timur Tengah. Jintan hitam memiliki rasa dan aroma pahit-pedas seperti kombinasi bawang merah, lada hitam, dan oregano.

Bermacam khasiat Habbatussauda buat kesehatan

Khasiat Habbatussauda awal kali diselidiki oleh Ibnu Sina, seseorang ilmuwan Persia yang dikira bagaikan salah satu pemikir serta penulis sangat populer di Era Keemasan Islam, dalam harian medisnya Canon of Medicine. Ibnu Sina menulis kalau biji jintan gelap berguna bagaikan penyembuhan buat sesak nafas, baik sebab indikasi asma ataupun sebab permasalahan respirasi yang lain.

Dalam penyembuhan tradisional, Habbatussauda paling utama digunakan bagaikan stimulan buat penciptaan susu, serta buat cacing usus. Jintan gelap pula sudah digunakan bagaikan diuretik serta pelemas otot( buat kedutan serta kejang), dan buat tingkatkan imunitas buat melawan penyakit meluas pada orang yang mempunyai sistem imunitas badan yang lemah.

Tidak hanya itu, biji jintan gelap sudah digunakan buat menyembuhkan sakit kepala, sakit gigi, serta hidung tersumbat. Habbatussauda pula sudah digunakan buat menyembuhkan mata merah( konjungtivitis), sembelit, cedera bernanah( abses), rematik, respon alergi, sampai permasalahan pencernaan- seperti diare, disentri, konstipasi, kolik, serta perut kembung. Minyak Habbatussauda yang dibalurkan ke kulit pula dilaporkan mengobati respon alergi kulit akibat dermatitis kontak.

Apa kata dunia kedokteran modern soal khasiat habbatussauda?

  1. Menanggulangi indikasi diabet jenis 1

Thymoquinone( TQ) ialah senyawa aktif utama yang tercantum dalam minyak habbatussauda. Sehabis melaksanakan percobaan pada tikus lab, suatu riset dari Universiti Teknologi MARA( UiTM) Malaysia tahun 2014 menciptakan kalau injeksi TQ dalam dosis besar bisa menghentikan pertumbuhan penyakit diabet jenis 1 seutuhnya.

Satu riset yang lain dari Zagazig University di Mesir memberi tahu kalau kala ekstrak habbatussauda dicampur dengan rempah herbal khas Timur Tengah yang lain( Myrrh, Gum olybanum, serta Gum asafoetida) efisien merendahkan kandungan gula darah pada tikus lab sebab terdapatnya dampak penghambatan metabolisme glukosa di hati. Oleh sebab itu, periset yakin kalau ekstrak herbal ini bisa jadi bisa digunakan bagaikan penyembuhan diabet yang tidak tergantung pada obat insulin.

  1. Tingkatkan mutu sperma

Spesialnya untuk laki- laki perokok berat, isi nikotin serta toksin yang lain dalam rokok sudah lama dikenal kurangi kelincahan mani buat berenang( motilitas) serta pula mempengaruhi wujud wajarnya. Nikotin pula menimbulkan akibat negatif pada struktur jaringan testis. Kelainan pada mani serta testis ialah aspek resiko berarti dari permasalahan kesuburan laki- laki. Suatu riset asal University of Malaysia tahun 2014 dalam harian Evidence- Based Complementary and Alternative Medicine memberi tahu kalau minyak habbatussauda tingkatkan mutu mani serta mendukung struktur jaringan organ testis yang lebih baik.

  1. Melawan kanker

Habbatusauda memiliki senyawa antioksidan etanol yang dikenal bisa membatasi keganasan sel kanker serta perkembangannya bersamaan waktu pada tikus lab. Etanol ditemui menciptakan dekat 80 persen dampak proteksi terhadap tekanan pikiran oksidatif dalam badan. Sangat banyak radikal leluasa dalam badan bisa membuat badan hadapi tekanan pikiran oksidatif, yang merangsang bermacam kehancuran sel dalam badan serta menimbulkan bermacam berbagai penyakit kronis, tercantum kanker.

  1. Merendahkan tekanan darah

Riset dari Shahrekord University of Medical Sciences di Iran memberi tahu kalau mengkonsumsi kapsul ekstrak habbatussauda tiap hari sepanjang 2 bulan bisa merendahkan tekanan darah pada orang- orang yang mempunyai hipertensi ringan. Ditambah lagi, tidak terdapat komplikasi yang diakibatkan oleh habbatussauda terhadap kesehatan partisipan riset tersebut.

Penemuan ini diperoleh sehabis melaksanakan uji coba pada 3 kelompok terpisah yang kesemua anggotanya mempunyai hipertensi ringan— 2 kelompok awal diberikan kapsul ekstrak habbatus sauda dosis 100 miligram serta 200 miligram, sedangkan kelompok ketiga diperi plasebo( kapsul kosong) yang diminum teratur 2 kali satu hari. Sehabis 8 minggu, nilai tekanan darah sistolik serta diastolik pada 2 kelompok peminum ekstrak habbatus sauda ditemui menyusut dibanding mereka yang minum kapsul kosong. Tetapi demikian, penurunannya tercantum kecil, ialah cuma berkisar 1- 3 mmHg.

Kapsul ekstrak habbatus sauda pula ditemui merendahkan tingkatan kolesterol total serta kolesterol“ jahat” LDL, sekalian tingkatkan kandungan kolesterol baik HDL pada sebagian permasalahan. Hendak namun, dampak keseimbangan kolesterol dari habbatus sauda ini cuma timbul pada mereka yang memiliki kolesterol besar ringan, khasiat yang sama tidak ditemui pada orang- orang yang memiliki kandungan kolesterol wajar.

Habbatassauda tidak boleh dianggap sembarangan

Yang perlu dipahami adalah, bukti ilmiah sejumlah manfaat Habbatussauda di atas masih terbatas dalam pengujian laboratorium yang ketat. Sebagian besar hanya dilakukan dalam kultur sel, percobaan hewan, atau percobaan kecil pada sekelompok manusia. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memperkuat semua klaim manfaat yang ditujukan untuk manusia.

Mengambil obat herbal dan obat herbal sebagai alternatif obat kimia (baik resep maupun non-resep) sebenarnya tidak apa-apa. Obat herbal dalam bentuk rebusan relatif aman dikonsumsi karena zat beracun yang mungkin terkandung telah mengalami perubahan struktur kimia. Namun, suplemen herbal sejati tetap tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan karena reaksi setiap orang terhadap obat dapat berbeda satu sama lain. Meskipun Anda memiliki keluhan yang sama, belum tentu obat herbal yang ternyata cocok untuk Anda akan memberikan sifat yang sama kepada anak atau tetangga Anda.

Maka obat herbal hanya boleh dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, memulihkan penyakit, atau mengurangi risiko penyakit – bukan untuk menyembuhkan. Untuk menyembuhkan penyakit, masih memerlukan resep dokter dan kontrol kesehatan rutin.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Habbatussaudah”

Your email address will not be published. Required fields are marked *