Rp20,000.00

Gula aren merupakan pemanis yang sering digunakan untuk membuat es kopi susu kekinian

Description

Lima Fakta dari Gula Aren yang Harus Anda Ketahui

Ada berbagai jenis gula yang digunakan saat ini. Salah satunya adalah gula aren, pemanis berbahan dasar nira yang terdapat pada kuncup bunga pohon kelapa. Gula aren merupakan pemanis yang sering digunakan untuk membuat es kopi susu kekinian.

Namun, fakta menarik tentang gula aren belum banyak diketahui orang. Intip fakta lengkap tentang gula aren yang sering digunakan dalam es kopi susu di bawah ini!

1. Digunakan sebagai bahan masakan tradisional Asia

Gula aren adalah bahan utama dalam masakan tradisional di Asia Selatan dan Tenggara. Ciri khasnya adalah rasa karamel yang ringan dan bentuk cair yang menyerupai madu, kata laman NDTV Food. Sedangkan gula aren yang berbentuk butiran memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dengan gula pasir.

Biasanya gula aren digunakan untuk membuat saus, kari, dan makanan penutup. Misalnya masakan di Indonesia yang menggunakan gula aren antara lain bowsprit, bolu kukus, bubur sumsum hingga tahu gejrot. Gula aren juga dibuat sebagai pemanis pada es krim, puding, pannacotta, dan es kopi modern.

2. Proses pembuatan gula aren tidak menggunakan bahan kimia

Sebelum melangkah lebih jauh, kenali dulu tentang gula aren, yuk! Gula aren merupakan pemanis yang terbuat dari nira pada kuncup bunga pohon kelapa, ungkap laman NDTV Food. Disebut gula alami karena tidak ada bahan kimia yang digunakan dan prosesnya minimal.

Pertama-tama, getah dari pohonnya dipanaskan untuk menghilangkan kadar air hingga diperoleh sirup yang kental. Selanjutnya nektar manis ini direduksi menjadi kristal. Hasil akhirnya, gula aren dijual dalam berbagai bentuk, seperti blok, cair dan butiran.

3. Memiliki indeks glikemik yang lebih rendah

Bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes akan sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Padahal, gula aren memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding pemanis lainnya, lho! Indeks glikemik gula aren 35, sedangkan madu memiliki indeks glikemik 55 dan gula 68.

Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah akan diserap perlahan dan mencegah lonjakan kadar insulin. Sedangkan makanan atau minuman dengan indeks glikemik tinggi akan lebih cepat diserap tubuh, meningkatkan kadar gula darah dan membuat pankreas mengeluarkan banyak insulin. Tidak sehat untuk penderita diabetes.

4. Apa perbedaan antara gula aren dan gula merah?

Apakah gula aren atau gula merah yang digunakan dalam pembuatan minuman Boba? Jawabannya adalah gula merah! Pemanis ini terbuat dari gula tebu dan diolah dengan campuran tetes tebu. Semakin lama dipanaskan, semakin gelap gula merahnya!

Sedangkan gula aren berasal dari nira pohon aren atau gula aren, bukan dari tebu. Nira diperoleh dengan cara menepuk-nepuk batang pohon aren kemudian memasaknya selama berjam-jam dan membentuknya hingga mengeras. Biasanya cetakan gula aren dibuat dari bambu atau batok kelapa.

5. Dikenal kaya vitamin dan mineral

Bahan-Bahan yang Sering Digunakan dalam Es Kopi Susu Lantas, apa saja kandungan nutrisi dan nutrisi pada gula aren? Karena proses pembuatannya tidak menggunakan bahan kimia, gula aren dikenal kaya akan vitamin dan mineral. Menurut penelitian, gula aren mengandung kalsium, fosfor, seng, besi, mangan dan tembaga, jelas laman NDTV Food.

Ada juga sejumlah kecil fitonutrien seperti polifenol, flavonoid, antosianidin, dan antioksidan. Selain itu, gula aren kaya akan vitamin B dan inositol yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel yang sehat. Tak hanya itu, ia juga mengandung tiamin, riboflavin, asam folat, dan kolin.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Gula aren”

Your email address will not be published. Required fields are marked *