Rp20,000.00

Tahukah Anda bahwa cengkeh sebenarnya adalah kuncup bunga yang dikeringkan. Jejak tertua penggunaan cengkih dalam sejarah manusia ditemukan di perahu keramik Suriah yang berasal dari tahun 1700 SM.

Description

Cengkeh Sebagai Bumbu Rempah Yang Memiliki Banyak Manfaat

Cengkeh biasa digunakan sebagai bahan campuran rokok karena dapat menambah cita rasa yang khas. Tahukah Anda bahwa cengkeh sebenarnya adalah kuncup bunga yang dikeringkan. Jejak tertua penggunaan cengkih dalam sejarah manusia ditemukan di perahu keramik Suriah yang berasal dari tahun 1700 SM.

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, berikut kami rangkum beberapa fakta dan khasiat cengkeh yang mungkin belum Anda ketahui selama ini. Salah satunya adalah cengkeh yang merupakan tanaman asli Indonesia.

1. Pohon cengkeh tertua berumur 400 tahun

Cengkeh adalah tanaman asli sekelompok pulau di negara kita, Indonesia, yaitu Maluku. Pulau-pulau ini dikenal sebagai pulau rempah-rempah pada zaman penjajahan karena hanya sedikit pohon cengkeh yang tumbuh. Afo adalah pohon cengkeh tertua di dunia dan tumbuh di pulau Ternate di Maluku.

2. Cengkeh adalah kuncup bunga yang telah dikeringkan

Tunas cengkeh dipetik sebelum mekar. Pada awalnya waanya berwarna hijau tetapi segera berubah menjadi coklat setelah kering.

3. Aroma khas cengkih dihasilkan dari senyawa eugenol

Eugenol adalah senyawa tajam dan kuat yang dikenal karena sifat pereda nyeri yang kuat. Minyak inilah yang memberi aroma khas pada cengkeh karena cengkeh mengandung 80% eugenol.

4. Mengontrol kadar gula darah

Memasukkan sedikit cengkih ke dalam makanan Anda adalah cara yang bagus untuk mengontrol komplikasi diabetes tipe 1 karena senyawa dalam cengkih diketahui meniru insulin, sehingga efeknya dapat membantu mengatur gula darah tinggi.

5. Cengkeh dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan

Cengkeh merangsang sekresi enzim pencernaan, dan dengan demikian, juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Ditambah lagi, efek lain juga sangat efektif dalam menyembuhkan perut kembung, iritasi lambung, mual, dan asam lambung.

6. Cengkeh bisa digunakan untuk mengusir serangga

Aroma minyak cengkih yang kuat dapat membuat beberapa serangga menjauh dan menjauh, terutama semut dan ngengat. Jadi jika Anda memiliki masalah dengan serangga di rumah, cukup bungkus beberapa siung dengan kain katun kecil dan letakkan di tempat yang terdapat serangga.

7. Cengkeh sangat efektif melawan kolera

Kolera adalah penyakit yang ditularkan melalui air yang menyebabkan diare, muntah, bahkan kematian, jika tidak diobati tepat waktu. Penelitian telah menunjukkan bahwa cengkeh memiliki efek bakterisidal terhadap berbagai macam patogen, terutama bakteri penyebab kolera.

8. Melindungi Kesehatan Hati

Cengkeh sarat dengan antioksidan, yang sangat bagus untuk menyingkirkan radikal bebas dan racun dari hati.

9. Meningkatkan jumlah sel darah putih

Sel darah putih merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh kita. Sel darah putih ini melindungi tubuh dari penyakit dan melawan infeksi benda asing. Cengkeh juga memiliki khasiat dalam menormalkan kebutuhan sel darah putih dalam tubuh kita, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah reaksi alergi.

10. Memiliki sifat anti kanker

Cengkeh mengandung sejumlah senyawa di dalamnya yang disebut fenilpropanoid yang memiliki sifat anti mutagenik. Senyawa ini dapat mencegah materi genetik sel bermutasi menjadi sel kanker. Padahal, penelitian menunjukkan bahwa cengkeh sangat efektif mengendalikan kanker paru-paru stadium awal.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Cengkeh”

Your email address will not be published. Required fields are marked *