Rp10,000.00

Bunga kol dapat membantu mengurangi risiko kondisi terkait peradangan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan obesitas.

Category: Tags:

Description

Bunga Kol atau Kemban Kol Tinggi Nutrisi Baik Untuk Kesehatan

Konsumsi buah dan sayuran secara teratur dikatakan sangat membantu kesehatan seseorang. Dari menyediakan energi untuk tubuh hingga membantu melawan penyakit.

Sayuran adalah sumber antioksidan yang kaya yang tidak boleh disingkirkan dari piring seseorang. Ketika seseorang harus menambahkan variasi pada pilihan sayurannya, kembang kol harus masuk dalam daftar itu.

Serat dalam kembang kol dikatakan dapat meningkatkan pencernaan dan menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan kolin dalam kembang kol penting untuk membantu pembelajaran dan daya ingat.

Kembang kol mengandung komponen yang disebut glukosinolat. Inilah yang memberi kembang kol mentah baunya yang khas. Namun, itu juga telah terbukti melindungi paru-paru dan perut dari karsinogen umum.

Sayuran ini bisa menggantikan makanan tinggi karbohidrat seperti roti, pizza dan lainnya. Ada begitu banyak resep yang dibuat dengan sayuran, termasuk gathi paratha tradisional, roti kembang kol bebas gluten, atau kembang kol panggang yang disajikan sebagai camilan.

Nutrisi kembang kol yang mendukung manfaatnya
Kembang kol merupakan salah satu makanan bergizi yang kaya akan manfaat. Selain mengandung zat gizi makro (protein, lemak, dan karbohidrat), makanan ini juga kaya vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini meliputi:

Kalsium
Magnesium
Fosfor
Mangan
Kalium
Besi
Vitamin C
Vitamin K
Vitamin B6
Vitamin B9
Vitamin B5
Vitamin B3
Vitamin B1
Vitamin B2

Bunga kol, atau sering disebut kembang kol, mungkin menjadi salah satu sayuran yang sering disajikan di meja keluarga. Sayuran ini sering ditumis, diolah dengan sayuran bening, bahkan digunakan sebagai pengganti nasi.

Tak hanya enak, kubis juga kaya manfaat bagi kesehatan karena kandungan gizinya yang melimpah.  Selain itu, penelitian menunjukkan serat makanan dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan. Hasilnya, ini dapat membantu mengurangi risiko kondisi terkait peradangan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan obesitas.

Asupan serat yang lebih tinggi tampaknya membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mendorong penurunan berat badan bagi orang gemuk.

Kembang kol lebih dikenal dapat menjaga kesehatan tulang karena mengandung vitamin C yang membantu produksi kolagen dan vitamin K yang dapat membantu mencegah pengeroposan tulang.

Manfaat lainnya adalah membantu detoksifikasi. Dapat mencegah kerusakan oleh karsinogen.
Apa manfaat kembang kol? Pembahasan berikut ini.

1. Melancarkan saluran pencernaan
Kembang kol kaya akan serat makanan dan air yang penting untuk mencegah sembelit. Kedua nutrisi ini juga membantu mengurangi risiko kanker usus besar dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

2. Berpotensi menurunkan berat badan
Kembang kol adalah makanan rendah kalori, jadi Anda bisa memasukkannya sebagai menu untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat dalam sayuran ini juga membantu memperlambat pencernaan, dan memberi Anda sensasi kenyang saat Anda memakannya.

3. Menjaga daya ingat
Kandungan kolin pada kembang kol dapat membantu menjaga daya ingat orang yang rutin mengkonsumsinya. Namun tidak hanya untuk daya ingat, kolin juga bermanfaat untuk pergerakan otot, daya ingat, dan kualitas tidur.

4. Mengurangi resiko berbagai penyakit
Molekul antioksidan juga merupakan nutrisi penting dari kembang kol. Antioksidan dapat mencegah mutasi sel dan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif.

Salah satu molekul antioksidan pada kembang kol adalah indole-3-carbino (I3C). Molekul ini dilaporkan dapat mengurangi risiko penyakit kanker, seperti kanker payudara dan kanker yang menyerang organ reproduksi.

Bahan utama kembang kol lainnya adalah sulforafana yang juga memiliki efek antioksidan. Studi menunjukkan bahwa sulforafana dapat mencegah berbagai jenis kanker, mencegah diabetes, dan mengontrol tekanan darah.

5. Memperbaiki sirkulasi darah
Vitamin K dalam kembang kol tidak hanya menyehatkan untuk jantung, tapi juga untuk sistem peredaran darah. Vitamin ini mencegah penumpukan kalsium dalam pembuluh darah, sehingga sirkulasi bisa lancar.

Kandungan serat pada kembang kol juga membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit pada organ tersebut.

6. Memperkuat tulang
Manfaat kembang kol untuk tulang didukung oleh kandungan vitamin K. Kekurangan vitamin K berhubungan dengan masalah tulang, termasuk pengeroposan tulang dan patah tulang.

Dalam menjaga kesehatan tulang, vitamin K membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium dan mencegah keluarnya kalsium dalam urin.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Bunga kol”

Your email address will not be published. Required fields are marked *