Rp20,000.00

Seiring waktu, ilmu pengetahuan modern telah mengkonfirmasi banyak manfaat kesehatan dari bawang putih. Bawang putih hanya mengandung 0,2 gram protein, 4,5 kalori, dan 1 gram karbohidrat.

Description

Khasiat Bawang Putih Yang Telah Diuji Ilmiah

Bawang putih dikenal kaya nutrisi tetapi rendah kalori. Satu siung bawang putih mentah (3 gram) mengandung:

  •  mangan (2 persen dari kebutuhan harian)
  •  vitamin B6 (2 persen dari kebutuhan harian)
  •  vitamin C (1 persen dari kebutuhan harian)
  • selenium (1 persen dari kebutuhan harian)
  •  tembaga,
  •  kalium,
  •  Fosfor,
  •  besi,
  •  0,06 gram serat
  •  kalsium,
  •  dan vitamin B.

Bawang putih hanya mengandung 0,2 gram protein, 4,5 kalori, dan 1 gram karbohidrat.

Seiring waktu, ilmu pengetahuan modern telah mengkonfirmasi banyak manfaat kesehatan dari bawang putih. Berikut kutipan Healthline.

1. Meningkatkan imunitas

Bawang putih dikenal karena kemampuannya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian besar menemukan bahwa konsumsi bawang putih selama 12 minggu dapat meredakan gejala flu yang dialami seseorang. Dilaporkan bahwa gejala flu rata-rata berkurang hingga 70 persen.

Hal yang sama ditemukan oleh penelitian lain. Ekstrak bawang putih dosis tinggi dikatakan dapat mengurangi gejala flu hingga 61 persen.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat ini.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Suplemen bawang putih dikatakan mampu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) hingga 10-15 persen.

Namun, bawang putih tampaknya tidak berpengaruh pada kadar kolesterol baik (HDL) dan trigliserida, yang keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

3. Menurunkan tekanan darah

Penelitian pada manusia telah menemukan bahwa suplemen bawang putih memiliki dampak yang signifikan dalam menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi 600-1.500 mg ekstrak bawang putih sama efektifnya dengan obat Atenolol dalam menurunkan tekanan darah selama 24 minggu. Dosis ini setara dengan empat siung bawang putih per hari.

4. Mendetoksifikasi logam berat dalam tubuh

Pada dosis tinggi, senyawa belerang dalam bawang putih telah terbukti melindungi dari kerusakan organ akibat paparan racun logam berat.

Sebuah penelitian terhadap karyawan pabrik baterai – yang terpapar logam berlebihan – menemukan manfaat bawang putih. Ditemukan bahwa bawang putih mengurangi kadar logam dalam darah hingga 19 persen.

5. Menghindari Alzheimer serta demensia

Bawang putih memiliki antioksidan yang menunjang mekanisme proteksi badan terhadap kehancuran oksidatif.

Suplemen bawang putih dosis besar sudah teruji tingkatkan enzim antioksidan pada manusia serta kurangi tekanan pikiran oksidatif pada mereka yang mempunyai tekanan darah besar.

Kombinasi enzim penurun tekanan darah dan antioksidan dalam tubuh dapat menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Bawang putih”

Your email address will not be published. Required fields are marked *