Rp25,000.00

Air alkali adalah air mineral yang memiliki tingkat pH di atas 7. Skala pH sendiri merupakan ukuran keasaman suatu zat, dan berkisar antara 0 – 14.

Description

Air Alkali dengan PH Tinggi, Apa Saja Manfaatnya.?

Saat ini, produk air mineral yang beredar di pasaran semakin beragam. Sejumlah produsen air mineral hadir untuk menawarkan air minum alkali yang diklaim memiliki manfaat lebih bagi tubuh daripada air mineral biasa. Jadi, apakah air alkali itu? Apa manfaat air alkali bagi kesehatan? Benarkah air alkali bisa menyembuhkan penyakit serius?

Apa Itu Air Alkali?

Air alkali adalah air mineral yang memiliki tingkat pH di atas 7. Skala pH sendiri merupakan ukuran keasaman suatu zat, dan berkisar antara 0 – 14. Angka pH 7 menunjukkan kenetralan zat tersebut, seperti pada air mineral biasa . Zat di bawah pH 7 bersifat asam, sedangkan zat di atas pH 7 bersifat basa.

Nah, air alkali memiliki tingkat pH 8,5 ke atas sehingga bersifat basa dan diklaim dapat menetralkan asam dalam aliran darah dalam tubuh. Tidak hanya itu, bahkan produsen air alkali juga menyebutkan jika produk mereka dapat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu metabolisme tubuh.

Manfaat Air Alkaline untuk Kesehatan Tubuh

Air alkali adalah air dengan tingkat pH 8+ sehingga memiliki sifat alkali. Hal ini tentunya sangat baik untuk tubuh karena semakin tinggi pH maka semakin netral keasaman dalam tubuh. Selain itu, air alkali memiliki potensi reduksi oksidasi negatif (ORP) yang berarti air jenis ini diperkaya dengan antioksidan.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari air alkali yang harus Anda ketahui.

  1. Menetralkan Asam

Anda sering merasa pusing, sakit kepala, mual, hingga muntah? Waspada, karena ini bisa menandakan bahwa tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Akibatnya, pH tubuh menjadi sangat asam dan menyebabkan timbulnya gejala ini.

Di sinilah peran air alkali menjadi penting, yakni meningkatkan asupan cairan dalam tubuh, sekaligus menetralkan asam.

Manfaat air alkali ini didukung oleh penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of International Society of Sport Nutrition pada tahun 2010. Dalam penelitian yang melibatkan 38 responden, ditemukan bahwa kelompok peserta yang mengonsumsi air alkali memiliki asam basa yang lebih seimbang. level. dibandingkan dengan partisipan yang hanya mengonsumsi air putih.

  1. Mencegah Tubuh dari Dehidrasi

Tubuh membutuhkan cairan agar semua organ di dalamnya bisa berfungsi dengan baik. Kekurangan cairan (dehidrasi) tidak hanya akan membuat tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal, tetapi juga rentan terhadap penyakit.

Menurut studi yang dirilis Journal of International Society of Sport Nutrition, orang yang rutin mengonsumsi air alkali memiliki tingkat kekentalan darah lebih rendah sebesar 6,3 persen dibandingkan mereka yang minum air putih.

Darah yang lebih banyak tentu saja akan lebih mudah mengalir sehingga oksigen yang dibawanya bisa mencapai seluruh tubuh dengan cepat. Inilah alasan mengapa tubuh perlu terhidrasi dengan baik.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat air alkali yang pertama adalah dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian yang dirilis oleh Shanghai Journal of Preventive Medicine pada 2010, dijelaskan bahwa air alkali bermanfaat bagi penderita hipertensi, diabetes, dan bahkan kolesterol tinggi.

Penderita tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol diminta mengonsumsi air alkali selama 6 bulan. Hasilnya, baik tekanan darah maupun kadar gula darah dikatakan turun drastis, bahkan pada angka ideal.

Fakta inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa air alkali sering digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk penyakit-penyakit tersebut, meski harus tetap di bawah kendali dokter.

  1. Mencegah Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit gangguan fungsi otak yang dapat dicegah dengan mengonsumsi air ph 8+ atau air alkali, salah satunya. Ini karena air yang terionisasi efektif dalam mengurangi glikasi, yaitu kondisi ketika molekul gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa menempel pada protein tanpa bantuan enzim.

Glikasi inilah yang menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit Alzheimer, selain gula darah atau diabetes.

  1. Merawat Kesehatan Tulang

Semua orang ingin tulangnya sehat dan berfungsi dengan baik. Salah satu cara menjaga kesehatan tulang adalah dengan mengonsumsi air alkali.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Bone mengungkapkan bahwa minum air alkali secara teratur dapat secara efektif menghambat resorpsi tulang. Resorpsi tulang adalah aktivitas memecah sel tulang tua yang kemudian digantikan oleh sel tulang baru.

Air alkali diperkaya dengan kalsium dan bikarbonat. Kedua zat ini dikatakan mampu menghambat resorpsi tulang sehingga tulang menjadi lebih kuat.

  1. Menjaga Kesehatan Usus

Siapa sangka, air pH 8+ juga berfungsi menjaga kesehatan usus Anda. Manfaat air alkali ini dihasilkan dari sejumlah zat yang diklaim memiliki sifat desinfektan sehingga efektif dalam membersihkan dan mencegah usus terinfeksi bakteri atau mikroorganisme berbahaya lainnya.

Efek Samping Air Alkali

Di balik manfaat air alkali yang disebutkan di atas, ternyata ada efek samping dari mengonsumsi air alkali ini, lho. Faktanya, sejumlah pakar kesehatan tidak menganjurkan kita mengonsumsi air yang diproduksi massal di Jepang sejak 1965 itu.

Alasannya adalah hanya ada sedikit bukti medis yang mendukung klaim air alkali. Selain itu, mengonsumsi air alkali dalam jumlah besar dapat menimbulkan efek samping yang dapat merugikan kesehatan.

Beberapa risiko efek samping air alkali yang perlu dipertimbangkan meliputi:

Mual

Kesemutan (paresthesia) pada wajah dan kaki

Tremor di area tangan

Alkalosis metabolik

Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsi air alkali, ya.

Itulah informasi mengenai air alkali beserta manfaat dan efek sampingnya. Baik air alkali dan air mineral biasa sama-sama menyehatkan. Intinya, jangan sampai tubuh kekurangan cairan jika ingin tubuh selalu bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Semoga bermanfaat!

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Air alkali (ph tinggi)”

Your email address will not be published. Required fields are marked *